Monday, August 1, 2011

4 Kebiasaan Anda yang Tak Ramah Lingkungan

KOMPAS.com - Hidup kita saat ini tak lepas dari teknologi. Berbagai perangkat elektronik yang kita gunakan saat ini memang terbukti membantu aktivitas kita menjadi lebih praktis dan mudah. Namun sadarkah Anda, bahwa kebiasaan Anda dalam memperlakukan barang-barang elektronik tersebut ternyata tidak ramah lingkungan? Lihat saja contohnya berikut ini:

1. Mengikuti tren terbaru
Jika televisi, kulkas, belum rusak, pikir ulang keinginan untuk membeli model terbaru. Jangan sampai kita hanya terpengaruh iklan. Bila ada fitur tambahan yang memang dibutuhkan, coba cek apakah ada sistem tukar tambah. Bisa juga didaur ulang atau berikan pada teman dan keluarga yang membutuhkan.

2. Membiarkan alat elektronik dalam keadaan standby
Rasanya kita sudah mematikan televisi, komputer, atau mesin pemutar CD/DVD, tapi ternyata masih dalam keadaan standby. Meskipun tidak banyak, namun tetap menghabiskan listrik. Kecuali bila kita akan menggunakannya dalam waktu dekat. Untuk komputer, jika akan memakai seharian dan hanya ingin meninggalkannya sebentar, tidak perlu dimatikan. Cukup layar monitornya saja.

3. Menyalakan televisi sebelum tidur
Alasan tidak bisa tidur sering digunakan. Namun, sebenarnya kita akan lebih nyenyak jika semua peralatan elektronik di dalam ruang tidur mati. Coba kebiasaan baru yang lebih sehat dan hemat energi, yaitu dengan mematikan semua lampu dan alat elektronik sebelum tidur.

4. Membiarkan kabel terpasang
Meskipun dalam kondisi mati, bila kabel masih terpasang listrik tetap akan terserap alat elektronik. Charger telepon seluler dan MP3 player yang masih tercolok juga demikian. Cabut semua kabel jika tidak digunakan. Jika merasa repot melakkukannya, gunakan power strip yang dilengkapi tombol on-off.

(Prevention Indonesia/Rooslain Wiharyanti)

Sent from Indosat BlackBerry powered by

01 Aug, 2011


--
Source: http://female.kompas.com/read/xml/2011/08/01/16344025/4.Kebiasaan.Anda.yang.Tak.Ramah.Lingkungan
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...