Friday, July 15, 2011

Penataan Tepat Ciptakan Dapur Cantik

Dapur cantik (Foto: Corbis)

Dapur cantik (Foto: Corbis)

SIAPA bilang dapur harus selalu dihadirkan dengan nuansa yang tertutup? Menghadirkan keindahan dapur dengan konsep terbuka justru bisa memberi kesan tersendiri pada hunian Anda.

Dengan sedikit membuat pengaturan pada tata letak, Anda bisa menciptakan dapur terbuka yang menyenangkan untuk memasak. "Jika dapur terbuka dihadirkan pada ruang yang sempit, cara paling tepat untuk menyiasatinya adalah dengan tidak menaruh banyak benda besar di sana," kata arsitek Denny Setiawan.
Walaupun namanya dapur,namun fungsi dapur terbuka biasanya digunakan untuk dapur bersih saja. Furnitur seperti kulkas dan meja makan mungkin bisa Anda letakkan menyatu dengan dinding. Khusus untuk meja makan, bisa Anda desain dengan model minimalis.

"Perabotan dapur seperti lemari, meja makan, atau meja kompor dapat didesain dengan konsep yang sedikit minimalis. Dan sebaiknya dalam mengonsep dapur terbuka, hindari penggunaan banyak meja untuk tiap kebutuhan," saran Denny.
Jika Anda sudah berencana membangun dapur terbuka,sebaiknya buat rancangan meja yang multifungsi. Misalnya,meja kompor tidak harus dibuat menggunakan cor, melainkan dibuat meja yang di bawahnya bisa dimanfaatkan sebagai laci penyimpanan kebutuhan memasak, seperti minyak goreng dan bumbu dapur.
Satu hal lagi, jangan memasukkan meja makan ke dalam dapur terbuka Anda. Hal ini bakal memberikan efek ruangan semakin sempit dan membatasi ruang gerak Anda pada saat memasak. Pemilihan warna cerah dapat membuat Anda semakin semangat memasak di dapur idaman.

Sementara, pemilihan warna gelap mungkin dapat menyelamatkan Anda dari noda dan kusamnya dinding akibat cipratan minyak ketika memasak. Tapi, jika Anda menggunakan warna gelap secara keseluruhan tanpa dipadu dengan warna yang cerah, dijamin Anda bakal enggan masuk ke dalam dapur.

Ventilasi juga sangat dibutuhkan oleh dapur terbuka. Kehadiran ventilasi bisa sedikit mengurangi asap dari masakan serta bau bumbu yang menyengat agar tidak mencemari udara di ruangan lain.

"Sebaiknya Anda menggunakan jenis kompor yang memiliki penetral asap. Ini merupakan solusi untuk ventilasi udara yang baik di dalam dapur terbuka," ujar Denny.
(SINDO//tty)

  • Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah
  • Si Transparan yang Multifungsi
  • Keunikan Batu Koral
  • Ciptakan Suasana Intim di Ruang Makan
  • Tampilan Alami di Kamar Mandi
  • Ceriakan Rumah dengan Cermin Hias
  • Keunikan Gaya Hunian Betawi
  • Rumah Nyaman dengan Teknologi LED
  • Do's & Don'ts Saat Mendekorasi Kamar Anak
Source: http://lifestyle.okezone.com/read/2011/07/15/30/480449/penataan-tepat-ciptakan-dapur-cantik

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...