Friday, July 15, 2011

"Rokok Mild Hanya Untungkan Perusahaan Rokok"

(Foto: gettyimages)

(Foto: gettyimages)

"JIKA saya hanya menggunakan rokok filter, menthol, ataupun dengan kadar tar yang rendah, maka saya akan baik-baik saja." Anggapan demikian jelas merupakan mitos.

Komite Penasihat Food and Drug Administration (FDA) sempat mengungkap "kelicikan" pabrik rokok saat memasarkan jenis menthol. Sejak 1950-an, pabrik rokok terus membuat gimmick yang menggambarkan rokok menthol sebagai "menyegarkan" dan "menyejukkan". Untuk menguatkan kesan, pabrik rokok lantas menggunakan warna hijau pada kemasannya yang diartikan "alami" dan "menyehatkan".

Seiring waktu, iklan-iklan yang ada juga membuat pencitraaan bahwa rokok menthol lebih aman daripada rokok nonmenthol. Benarkah demikian?

"Sama saja bahayanya. Setiap perokok akan butuh nikotin yang lebih kuat. Jadi ketika merokok yang 'berat', dia cukup dengan sekali hisap untuk terpenuhi kebutuhannya karena kadar nikotin rokok ini tergolong tinggi. Tapi ketika menggantinya dengan rokok mild yang katanya ringan, dia akan membutuhkan lebih banyak rokok, jadi sama saja," papar Dr Aulia Sani SpJP (K) FJCC FIHA FasCC, dokter ahli spesialis jantung dan pembuluh darah pada pembukaan Klinik Stop Merokok Sahid Sahirman Memorial Hospital (SSMH) di Jalan Jenderal Sudirman No. 86, Jakarta, baru-baru ini.

Sebelumnya, American Legacy Foundation, organisasi advokasi yang berbasis di Washington DC. berpendapat bahwa mereka yang ingin berhenti merokok akan melakukannya lewat rokok nonmenthol. Namun akhirnya tidak berhasil, akibat kerasnya kandungan tembakau di dalam rokok jenis ini.

Karena seperti ditegaskan Dr Aulia, perokok-perokok menthol akan menghisap rokok dengan lebih dalam untuk mendapatkan kadar nikotin yang mereka butuhkan akibat efek kecanduan. Meskipun menggunakan filter, nikotin dan beberapa zat berbahaya lainnya dapat tetap terhisap dan masuk ke dalam tubuh.

"(Rokok mild) justru hanya menguntungkan perusahaan rokok," tukasnya.


Berita Terkait: Kesehatan
  • Tetap Bugar Saat di Kantor? Ini Triknya!
  • Posyandu Ujung Tombak Perbaikan Gizi Anak
  • Sosialisasi AACP pada Bidan Cegah Kelahiran Prematur
  • Bawa Hasil Radiologi, Anda Bisa Konsultasi Virtual
  • Balas Dendam Tidur di Akhir Pekan Tidak Efektif
  • Cepat Berhenti Merokok, Makin Menguntungkan
  • Cara Konsultasi Kesehatan dengan Dokter di Dunia Maya
  • Yuk, Konsultasi Medis Tanpa ke Luar Negeri!
  • Dos & Don'ts Tidur Lebih Nyenyak

Source: http://lifestyle.okezone.com/read/2011/07/15/195/480162/rokok-mild-hanya-untungkan-perusahaan-rokok

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...