Friday, July 15, 2011

Cegah Prostat dengan Tomat

Liputan6.com, New York: Menikmati segelas jus tomat di kala musim panas memang merupakan ritual yang amat menyenangkan. Tidak hanya lezat disantap dengan berbagai cara, tomat juga memiliki manfaat yang begitu besar. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas Illinois, Amerika Serikat, menemukan buah berwarna merah itu dapat mencegah serangan kanker prostat.

Kandungan Lycopene yang tinggi adalah alasan utamanya. Ia bekerja sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Para peneliti juga menemukan lycopene dapat menangkal serangan kanker paru-paru, sekaligus kanker usus.

"Tujuan kami mengadakan penelitian ini tidak untuk mencari obat kanker. Namun, cara pencegahannya. Ternyata kandungan lycopene dalam tomat mampu menangkal berbagai serangan kanker," kata pimpinan penelitian, Richard van Breemen.

Penelitian sebelumnya juga menemukan tomat dapat mencegah serangan jantung. Lycopen juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dan menstabilkan tekanan darah. Para ahli manganjurkan untuk mendapatkan asupan lycopene minimal 25 miligram per hari. Angka itu setara dengan setengah liter jus tomat atau 50 gram pasta tomat. [Baca: Tomat Baik bagi Jantung](Zeenews/ULF)


Source: http://kesehatan.liputan6.com/read/344129/cegah_prostat_dengan_tomatcegah_prostat_dengan_tomat

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...