Tuesday, July 26, 2011

Perawatan Rumahan yang Efektif Redam PMS

Seks

21 Juli 2011 | 15:45 wib

Share :Facebook Twitter
image

NAMPAKNYA tak ada yang lebih buruk dari munculnya pre-menstriational-symptoms. Sebagian wanita mengalami masa PMS yang begitu berat yang memakasanya beristirahat penuh dalam sehari dan mengalami mood-swing (perubahan perasaan) yang amat mengganggu.

Tentang PMS

Sindrom pramenstruasi merupakan sekumpulan gejala fisik, psikologis, dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi. Gejala mual (kram perut), pusing kepala, kelelahan, cemas, dan perasaan sensitif berlebihan ini dirasakan pada perempuan antara usia 20 hingga 35 tahun.

PMS memang kumpulan gejala akibat perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus saat ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium) dan haid. Sindrom itu akan menghilang pada saat menstruasi dimulai sampai beberapa hari setelah selesai haid.

Sejauh ini, penelitian menyebutkan, faktor penyebab PMS berkaitan dengan ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron, adanya gangguan pada perasaan, atau fungsi serotonin pada penderita.

Redakan Gejala PMS

Sebagian dari kita akan mengkonsumsi obat khusus pereda PMS, untuk mengurangi rasa kram perut. Namun, ada baiknya jika kita berbagai cara yang dapat kita lakukan, untuk mengurangi rasa sakit yang datang bersamaan dengan 'tamu bulanan' kita itu.

Percayakah, sebenarnya dengan mengatur pola hidup dan latihan mengendalikan rasa, kita dapat paling tidak mengurangi beberapa tanda PMS?

Misalnya cobalah, luangkan lebih banyak waktu untuk kita tidur saat siklus bulanan kita itu datang. Beristirahat penuh, adalah cara paling efektif untuk menghindari rasa lelah dan mudah tersinggung pada pagi hari. Cobalah hindari situasi dimana akan timbul rasa stres, misalnya mengisi waktu dengan melakukan hal yang menyenangkan dan kita suka.

PMS juga sebenarnya dapat dihindari dengan mengatur pola makan yang sehat. Kelelahan yang amat sangat, pada umumnya timbul saat siklus bulanan kita itu datang. Ada baiknya kita hindari minuman bersoda atau kopi berkafein, yang meski dapat cepat meningkatkan tenaga, namun tidak baik sesudahnya.

Saat perut terasa amat mual, hindarilah makanan berrasa asin. Sebab semakin banyak garam yang kita konsumsi, semakin banyak kandungan air dalam tubuh, yang pada akhirnya menimbulkan rasa mual.

Ada baiknya juga kita memperhatikan asupan zat-zat gizi seperti vitamin B (terutama B6), vitamin E, vitamin C, magnesium, zat besi, seng, mangan, dan asam lemak linoleat pada makanan kita.

Meski tak terbiasa, cobalah tetap berolahraga ringan atau beraktifitas yang menggerakkan tubuh, atau kegiatan lain yang kita suka sambil bergerak. Semoga bermanfaat...

(linda/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

Bookmark and Share

26 Jul, 2011


--
Source: http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/wanita/2011/07/04/1137
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...