Friday, July 22, 2011

Mahasiswa UGM Ciptakan Mobil Balap Formula Mini

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Iman Suryanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Belasan Mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) menciptakan sebuah kendaraan mobil balap formula mini yang berhasil mencuri perhatian awak media dan pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (22/7/2011) pagi.

Kendaraan yang diberi nama BimaSakti ini merupakan kendaraan yang dibuat sendiri oleh mahasiwa jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM.

Menurut Doddy, salah satu mahasiswa Teknik UGM, kendaraan yang bangun sejak Januari hingga Juli 2011 tersebut telah menghabiskan anggaran Rp 140 juta untuk manufakturingnya saja.

"Awalnya kita bangun dari rancangan kita sendiri dan mendapatkan bantuan dari Dosen pembimbing maka jadilah Bima Sakti ini," terang Doddy.

Doddy menjelaskan kendaraan yang menggunakan bahan dasar material Black pipe steel 0,2 % C, berbahan body fiber glass dengan ketebalan 4-6 cm tersebut juga dilengkapi dengan mesin awalnya dari GS 250CC yang kemudian diupgrade menjadi 322 cc tersebut mampu meluncur di jalan rata dengan kecepatan 80 km/jam. Kendaraan ini berbahan bakar Jenis pertamax plus 95 dengan kapasitas tangki 6 liter.

Sebenarnya, tambah Doddy, ide dari pembuatan kendaraan ini berdasarkan adanya kompetisi para mahasiswa di dunia di Student Formula Society of Automotive Engineers Competition of Japan ke 9 yang merancang dan membuat kendaraan khusus untuk balap di Shizouka, Jepang pada 5-9 September mendatang.

"Kompetisi tersebut merupakan kompetisi tahunan yang mempertandingkan karya mobil formula yang dirancang dan dirakit oleh mahasiwa dari penjuru dunia. Dan tahun ini kita akan bertanding dengan 86 tim dari universitas sejumlah negara dan alhamdulillah bisa selesai," terangnya.

Sementara itu menurut Gunadi Sindhuwinata, Ketua Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) Indonesia yang ditemui Tribunnews dilokasi IIMS 2011 menyatakan pihaknya patut bangga dengan hasil rancangan mahasiwa tersebut.

"Selain membanggakan, mereka juga secara langsung turut mengharumkan nama bangsa dalam event tersebut. Ini merupakan kendaraan formula mahasiswa pertama di Indonesia yang siap diperlombakan pada ajang internasional di jepang," terangnya.

22 Jul, 2011


--
Source: http://www.tribunnews.com/2011/07/22/mahasiswa-ugm-ciptakan-mobil-balap-formula-mini

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...